Beranda / Blog / Prahara Gang Ujung Kampung dan Ajun Rombeng 2

Prahara Gang Ujung Kampung dan Ajun Rombeng 2

“Maafin Ajun yah, Ji?” mohon ajun sambil mencium tangan Haji Sarip.

“Udeh-udeh jangan minta maaf ke gue. Noh, minta maaf ke lu punya Tuhan –Alloh Azawajala- ame lu punya orang tue!” terang Haji Sarip.

Subuh itu setengah sadar Ajun mengutarakan yang begitu sentimentil bagi nuraninya dan Haji Sarip yang mendengarnya, “Maafin Ajun yah, Ji?”

Dengan berjalan sempoyongan ia perlakukan celana jins kesayangannya seperti biasa, menyeretnya. Wajah tua Haji Sarip begitu tersenyum melihat anak muda yang sedang ia tuntun ke Mushola hasil wakaf peninggalan Almarhum Sobatnya, Sahili (Babeh Ajun) dan ia. Sesekali Ajun hampir menjatuhkan badannya yang kurus karena pengaruh alkohol murahan yang masih merasuk. “Astagfirullah, Jun lu pasti bisa! Nyok, baca Basmallah. jalannye pelan-pelan, aje!” Haji Sarip menuntun dengan perlahan dan sabar.

“Iye, Ji. Makasih.”, sahut Ajun yang kehilangan keseimbangannya.

“Udeh lu nanti ambil wudhu, biar segeran gitu!”

“Iye, Ji” jawab Ajun sambil tersenyum di selingi bau alkohol murahan yang masih meradang.

Selangkah demi selangkah ke dua manusia ini menyambangi tempat wudhu yang tak jauh dari mushola yang dimaksud. Tepatnya disamping kiri mushola dekat sumur galian yang alhamdulillah belum pernah kering walau musim kemarau panjang.

“Ya, udeh lu wudhu dulu sono, biar segeran!” saran Haji Sarip sambil masuk ke mushola meninggalkan Ajun.

Ajun hanya menjawab dengan senyumnya yang khas. Ajun memulai dengan menggulung baju kaos lengan panjangnya, kemudian ia membuka keran memulai ber-wudhu. Ia mulai mengusap-ngusap tangannya hingga bersih tak berbau cairan yang memabukkan tempo dipos ronda tadi. Berlanjut ke rukun wudhu yang lainnya hingga sampailah ia membasuh kedua kakinya. Dalam hati Ajun bergumam, Waduh -Si Rombeng- bisa kebasahan nih? Ntar gue disuruh ngelepas nih celana di ganti make sarung lagi sama Ji Sarip. Wah kagak dah, gue bisa mati gaye di depan Alloh. Mending gue rela -Si Rombeng- basah, asal gue keliatan keren di hadapan Alloh.

Tanpa berpikir panjang Ajun pun meneruskan wudhu-nya yang terpotong tadi. Ia dengan santai membersihkan kaki dan sekaligus -Si Rombeng-. Sesekali ia usap dengan semangat untuk menghilangkan tanah yang terjaring di sisi-sisi celana menggunakan serabut kelapa yang biasanya orang kampung sini di pake buat nyuci piring.

***

 

“Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.” Ucap salam Haji Sarip selepas shalat sunat. Haji Sarip pun melihat ke arah belakangnya. Nampak lenggang tak ada Ajun si pemuda yang ia tuntun tadi. Haji Sarip pun hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya. Kemana tuh bocah?, dalam hati ia berbisik.

Orang tua ini pun berdiri dan memeriksa ke tempat Ajun terakhir ditinggalkan. “MasyaAllah, Jun-Jun Ente ngapain Jun?” Ajun hanya melongo kearah Haji Sarip.

“Udeh sono lu pake sarung! ngapain juga lu pake basah-basahan gini?”

“Lah, Ji. Kan kalo mau ngadep ke Alloh bukannye kite kudu bersih, Ji?”

“Iye lu bener. tapi kenape segale lu kudu basah-basahin juga tuh celana? kenape kagak lu lepas?”

“Waduh Ji, klo celana nih ane lepas bisa berabe ane di mata Alloh.”

“Emang kenape?”

“Ane kagak keliatan keren, Ji. Mati gaye ane, Ji.”

“Ajun-Ajun, Ente ade-ade aje. Mana ntu celana banyak bolongnye di mane-mane. Dah sini lu! Malah mainin air lagi.” Haji Sarip mengeleng-gelengkan kepala yang kedua kalinya.

Ajun pun beranjak dari aktifitas bersuci versinya. Dan mengikuti saran sobat Babeh-nya ini untuk bersarung.

Dengan sabar Haji Sarip pun menasehati, “Jun, Ente kalo mau keren di hadapan Alloh ya kudu pas dong pakeannye. Masak iye lu mau ngadap Alloh pakean lu kayak gini? Itu namanye kagak Sopan. Coba gue mau tanye ke lu, gimane pakean lu kalo di panggil wawancara kerja?”

“Ya, ane pake kemeja, celana bahan, plus minyak wangi.” jawab Ajun dengan polos.

“Nah kudu gitu juga kalo lu ngadap Alloh, Sang Pencipta direktur ato manajer yang manggil lu wawancara.”

Dalam hening Ajun pun merenung. Selang beberapa menit kemudian Ajun menegakkan wajahnya dengan tersenyum yang tak berbau alkohol lagi.

“Nah gitu dong.” sahut Haji Sarip tersenyum bangga.

Dan mereka pun menunaikan shalat Subuh berjama’ah  diMushola kecil pojokkan gang yang memojok bersama warga lainnya di Gang Haji Sanip yang tenang. “Aaaamiiiiiin……….”, koor jama’ah dan Ajun.[]

Sssstststststststtstst, jangan pada berisik ye! Soalnye lagi ade yang Sholat. 🙂

Artikel Lainnya

Ceritakan Lagi, Kek!

Kisah ini berawal dari sebuah rumah berdindingkan bambu yang teranyam. Di sana Seorang kakek sedang selengkapnya

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com